You need to enable javaScript to run this app.

Presiden RI, H Joko Widodo berikan apresiasai kepada organisasi Nahdlatul Wathan ( NW)

  • Senin, 30 Oktober 2023
  • Administrator
  • 0 komentar
Presiden RI, H Joko Widodo berikan apresiasai kepada organisasi Nahdlatul Wathan ( NW)

Presiden RI H Joko Widodo, yang diwakili Menteri Agama H Yaqut Kholil Qumas, dalam sambutannya yang disampaikan pada acara puncak perayaan hari ulang tahun (HULTAH) ke-88 Madrasah NWDI pada Minggu 29 Oktober 2023 bertempat di Lapangan Ummuna Hajjah Sitti Raihanun Zainuddin Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani Lombok Timur NTB dihadiri Ratusan ribu jemaah Nahdlatul Wathan (NW) menyampaikan apresiasai kepada organisasi Nahdlatul Wathan yang telah istiqomah memajukan  dunia pendidikan di tanah air.

Sambutan Presidend RI yang di Wakili Oleh Menteri Agama

 “Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI), sejak didirikan hingga saat ini telah menjadi wadah pembentukan karakter, iman dan ilmu bagi ribuan siswa. Hal ini suatu prestasi luar biasa  yang patut kita apresiasi,” ucapnya.

Lanjutnya, Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah menjadi cikal bakal berdirinya organisasi Nahdlatul Wathan (NW) yang telah menghasikan lulusan yang bukan hanya pandai dalam pengetahuan tetapi juga memiliki kecintaan mendalam pada agama, bagsa dan Negara.

“Saya sangat menghargai peran penting yang telah dimainkan oleh lembaga pendidikan seperti Madrasah NWDI dalam memperkokoh pondasi keimanan moral dan karakter kebangsaan. Madrasah ini telah menjadi wahana bagi generasi muda untuk mendalami ajaran Islam rahmatan lil alamain serat untuk memupuk semangat kebangsaan yang kokoh,” imbuhnya.

Kami, kata Presiden, ingin menekankan, pemerintah sangat mendukung perkembangan pendidikan Ilsam di tanah air. Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama  dan membantu lembaga-lembaga seperti Madrasah NWDI agar semakin maju dan berkembang.

“Hal ini mencakup upaya untuk meningkatkan standar pendidikan di madrasah  seperti peningkatan mutu  guru, penggunaan kurikulum  yang relevan dengan tantangan zaman  dan pengembangan sumberdaya pendidikan yang telah baik,” katanya.

Selain itu, kata Jokowi,  tidak dapat kita abaikan pentingnya penguasaan informasi  teknologi oleh santri Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah. Kami mendorong Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah dan organisasi NW untuk terus mengintegrasikan IT  dalam kurikulum dalam kegiatan  keorganisasian untuk memastikan  akses yang serba teknologi dan mempersiapkan santri dan warga NW agar dapat  bersaing di dunia yang semakin terhubung dan canggih.

Peringatan Hultah ke 88 Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah badalah momentum yang penting bagi kita untuk merenungkan pencapaian kita selama ini  dan menatap masa depan  yang lebih baik.

“Kami mengajak seluruh pemangku Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah dan organisasi NW  untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, memelihara semanagat kebersamaan  dan terus memberikan  kontribusi yang positif  kepada masyarakat dan bangsa,”pungkas Menag Yaqut saat membacakan sambutan Presiden Jokowi.

Dalam irsyadat wa taujihatnya Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) TGKH Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani, menyampaikan momen Hultah Madrasah NWDI ini menjadi ajang silaturahim nasional bagi pengurus dan Jemaah NW. Ini juga momentum mengungkapkan rasa bangga kepada pemimpin bangsa yang telah memberikan dukungan dan kontribusi dalam beberapa bentuk hingga madarasah NWDI pada umur ke-88 terus berjuang meningkatkan Sumber Daya Manusia dan membangun NKRI.

Sambutan Ketua Umum PBNW TGKH Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani Lc, M.Pd.I

 

Nahdlatul Wathan, bergerak pada ranah pendidikan, sosial dan dakwah atau dalam istilah trilogi perjuangan Nahdlatul Wathan. NW menyadari bahwa pendidikan adalah pondasi pertama dalam sebuah peradaban. NW percaya pendidikan adalah kunci membangun kemajuan dan kemakmuran.

Di bidang Pendidikan, Alhamdulillah, saat ini Madrasah NWDI yang bernaung di bawah organisasi NW hingga Desember 2022 sebanyak 2.027 yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia, sedangkan yang Kedua, di ranah sosial. NW tetap menanamkan nilai-nilai kemanusiaan. NW percaya kepedulian  terhadap jemaah adalah langkah nyata untuk mewujudkan ajaran Islam yang rahmatan lil alamin. Ketiga dalah pergerakan dakwah. NW sadar dakwah adalah bagian yang penting dalam menyebarkan Islam Ahlussunnah wal jamaah. “Dengan trilogi perjuangan ini, NW  akan terus berkembang dan jaya menuju Indonesia maju,”pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua panitia Hultah ke-88 Madrasah NWDI Dr. TGH Zainal Arifin Munir, M.Ag.  mengatakan “Acara puncak ini kita sudah perkirakan akan dihadiri oleh ratusan ribu jamaah,  mereka duduk hidmad di bawah tetaring ukuran 3 hektar yang dibuat oleh jamaah sendiri, jemaah yang tidak tertampung di bawah tetaring duduk mengikuti pengajian dihalaman-halaman sekolah madrasah yang berada di lingkungan pondok pesantren Syaikh Zainuddin, sedangkan Ulang tahun kali ini mengusung tema “88 Tahun Madrasah NWDI Mengabdi Untuk Nusantara, Terus Bergerak Untuk Indonesia Maju.” Ungkap Abah, panggilan akrab TGH Zainal.

Pengajian Akbar Hultah ke 88 Madrasah NWDI disampaikan ulama dari Makkah al Mukarromah Dr Sayyid Muhammad Shogir Arruqaimi al Makki yang diterjemahkan TGH Sahri Ramadhan, MHI.

Acara hultah dihadiri juga oleh para pejabat di antaranya Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas Kapolda NTB Irjend Umar Faruq, Kepala Kanwil Kemenag NTB H Zamroni, Bupati Lombok Tengah Lalu Fathul Bahri, Wakil Bupati Lombok Utara, Deni Karter Febrianto, Kapolres Lombok Timur, Dandim Lombok Timur (*)

Jemaah yang hadir diAcara HULTAH datang dari berbagai penjuru Nusantara sejak pagi subuh bahkan ada yang rela menginap di bawah tetaring medan Hultah agar mereka bisa mengikuti secara langsung acara akbar yang dihelat sekali setahun itu.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Dedy Efendy., S., Ag., SH, M.Pd.

- Kepala Sekolah -

Bismillahi wabihamdihiassalamualaikum wr.wb Tak lupa kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala beserta Nabi Muhammad Salallahu Alaihi…

Berlangganan
Banner